Sabtu, 22 Agustus 2009

belajar bahasa jepang ,, bab 1

jikoshokai : perkenalan dan rumus bunpou (tata bahasa) dasar + partikel

  • watashi ha...........desu : di baca watashi wa..................des
    imi (arti) watashi : saya, desu: adalah sebagai penghalus ha : adalah partikel , partikel "ha" digunakan untuk subyek, dan untuk obyek negatif.
titik,titik di atas bisa anda isi dengan : namae =nama , kokuseki = negara , shigoto =pekerjaan, nenrei= umur,,
contoh: watashi ha adi desu : nama saya adi
watashi ha indonesia jin desu : saya orang indonesia
watashi ha daiku san desu : saya adalah tukang kayu
watashi ha nijhuu yon sai desu : umur saya 24 tahun.

  • watashi ha ............. dewa arimasen inget ya ha dibaca wa. imi (arti) watashi: saya dewa arimasen : bukan contoh: watashi ha nihon jin dewa arimasen : saya bukan orang jepang
  • ...........ha............desuka?... adalah kalimat tanya
jawab nya hai (iya),............ / ie (bukan)................
contoh:
adi san ha oisa san desuka?.. : apakah saudara adi dokter?..
jawabanya:
ie watashi ha oisa san dewa arimasen : bukan,, saya bukan dokter
atau : hai watashi ha oisa san desu : iya saya dokter

  • ...........ha.............no..............desu : no di situ adalah partikel partikel "no" arti dan keterangan :
1 . keterangan + no+ kata benda = menerangkan kata benda
2 . kata benda + no =kepunyaan
3. kata sifat + no =yang..... (membendakan)
4. dari

contoh :
watashi ha indonesia no gakusei desu : saya adalah pelajar dari indonesia
watashi ha aya can no sensei desu :D : saya adalah guru nya saudara aya :D


koko made wakarimasuka?... sampe di sini ngerti gak?..

wakaranai toki ha itsu demo boku ni kiite ne, jikan ga areba sugu henji wo shimasu kara :) ,,
klo ga tau kapan pun tanya gwa aj ya, klo ada waktu langsung gwa jawab :) ,,

kikitai kata ha kono shita ni komento shite kudasai ne,,
yang pengen nanya komen aj di bawah sini ya,,

hayaku oboete ne,, ganbatte :)
cepet di inget ya,, semangat :)


u

1 komentar:

  1. hai, wakarimashita sensei,,, ^^
    tapi maap nih sensei,, saya bolos dulu beberapa waktu ini yah, kondisi badan kurang fit soalnya..hehe, ntar klo dah baikan.. kita belajar lagi deh, :D
    ok ;)

    arigatou ne.. :P

    BalasHapus